Senin, 02 Juli 2012

7 Makanan Khas Korea

Annyeong chingu ...
sekarang kita bahas mengenai makanan khas korea...
1. KIMCHI
    Kimchi adalah makanan yang wajib dihidangkan di meja makan keluarga di Korea Selatan. Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar, umumnya dibuat dari sawi putih, bayam, lobak dan sayuran sejenisnya. Karena sudah melewati masa fermentasi, maka kimchi adalah makanan yang tahan lama. Di Korea Selatan setiap keluarga/ ibu rumah tangga mahir membuat kimchi. Biasanya menjelang musim dingin/ salju ibu rumah tangga di Korea sana membikin kimchi untuk disimpan sebagai cadangan makanan ketika melewati musim dingin. Bahkan awetnya bisa sampai satu tahun. Ini merupakan salah satu kearifan lokal di Korea.

Kimchi banyak mengandung gizi seperti vitamin A, B1, B2 dan serat. Citra rasanya cenderung pedas. Cara membuat kimchi sangat mudah, pertama sawi yang masih utuh dicuci bersih, kemudian digarami merata setiap helai daun, kemudian siapkan bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari jahe, cabai, udang rebon, bawang putih, kecap ikan. Setelah itu, sawi yang sudah dilumuri garam, dibaluri lagi denganbumbu alus tadi. Lantas masukkan ke dalam tempayan tutup rapat. Tunggu masa fermentasi sampai lima hari.





2. GALBI
    Galbi adalah masakan khas Korea yang terbuat dari daging iga sapi atau iga babi. Cara memasaknya dipanggang di atas bara arang. Dengan bumbu yang simple, seperti kecap asin dan minyak wijen dengan cocolannya saus tiram. Masakan ini biasanya disajikan pada musim dingin dan musim gugur.





3. BULGOGI
    Bulgogi merupakan makanan khas Korea yang mudah dijumpai di restoran-restoran Korea di Indonesia. Bulgogi merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, cara mengolahnya di panggang di atas bara api, bumbunya hampir mirip dengan galbi terdiri dari minyak wijen dan kecap saus tiram.



4. GUJEOLPAN
    Gujeolpan berarti "Piring yang Terbagi Sembilan", ini terdiri atas beberapa sayuran dan daging yang disajikan dalam lapisan panekuk. Biasa disajikan saat perayaan dan pernikahan.



5. SINSEOLLO
    Adalah sup rebusan berisi sayur-sayuran dan bakso daging dalam panci.



6. GIMBAB
    Gimbab adalah makanan khas Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut (nori). Gimbab populer sebagai makanan yang dibawa saat piknik, hiking atau aktivitas diluar ruangan. Bahan dasar gimbab adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen. Isinya pun beragam mulai dari ikan, daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayurannya adalah ketimun, bayam, wortel dan acar lobak. 




7. BIBIMBAP
Bibimbap adalah merupakan makanan khas korea berupa semangkuk nasi dengan lauk diatasnya berupa sayuran, daging sapi, telur, dan sambal gochujang. Secara harfiah namanya berarti "nasi campur". Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu. Bibimbap dihidangkan dalam mangkuk batu yang dipanaskan yang disebut "dolsot bibimbap". Dolsot yang berarti "mangkuk batu". Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan diatas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar